Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat temulawak sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat dengan manfaat yang cukup besar. Banyak penelitian menujukkan efek positif temulawak bagi kesehatan tubuh. Di samping untuk kesehatan, temulawak juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Pada artikel ini kami akan menjabarkan apa itu temulawak dan manfaat temulawak untuk kesehatan.

Apa Itu Temulawak?

Temulawak adalah tumbuhan yang masuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini sering kali digunakan dalam pengobatan. Temulawak dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan air laut. Habitat temulawak adalah hutan tropis.

Rimpang atau rizoma adalah bagian dari temulawak yang paling banyak dimanfaatkan. Rimpang temulawak sering dibuat jamu godog yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal dan memberikan efek anti peradangan.

Selain itu, konon manfaat temulawak bagi kesehatan lainnya adalah untuk mengobati jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti radang, sebagai anti oksidan hingga anti mikroba/kuman.

Apakah benar demikian? Di bawah ini penjabaran 10 manfaat temulawak untuk kesehatan berdasarkan hasil penelitian.

Apa Saja Manfaat Temulawak untuk Kesehatan?

Khasiat temulawak bagi tubuh sebagai penyuplai berbagai nutrisi penting sudah bukan rahasia lagi. Banyak penelitian telah membuktikan manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan otak. Apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya?

1. Mengandung Senyawa Bioaktif dengan Sifat Obat yang Kuat

Temulawak telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat. Hasil penelitian terbaru mendukung temulawak untuk dikonsumsi sebagai obat kesehatan alami karena kandungan di dalamnya, yaitu kurkumin. 

Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam temulawak. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat.

2. Fungsi Temulawak Sebagai Anti-Peradangan Alami

Kondisi peradangan sebenarnya sangat penting untuk tubuh. Kondisi ini membantu tubuh untuk melawan dan sekaligus mengenal benda asing yang menyerang tubuh. Tanpa inflamasi, penyebab penyakit seperti bakteri dapat dengan mudah menyerang tubuh dan bahkan membunuh Anda.

Kondisi radang bisa menjadi masalah besar ketika menjadi kronis dan menyerang bagian tubuh yang vital. Kurkumin dapat menekan banyak molekul yang diketahui memainkan peran utama dalam proses peradangan.

3. Temulawak Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

Antioksidan merupakan zat yang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Inilah salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya. Temulawak mengandung kurkumin, kurkumin sendiri diketahui memiliki efek antioksidan yang cukup kuat.

Antioksidan kuat ini dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah penyakit. Selain itu, kurkumin juga dapat menstimulasi tubuh untuk menghasilkan enzim antioksidan sendiri.

4. Temulawak Bermanfaat Menjaga Kesehatan Lambung

Temulawak mengandung kurkumin yang dapat meningkatkan produksi mukus pada lambung, mukus tersebut dapat membantu melindungi lambung dari asam lambung. 

Manfaat temulawak untuk lambung lainnya adalah menetralisir asam lambung, mempercepat penyembuhan luka pada lambung, dan membunuh bakteri pada sistem pencernaan.

Meningkatkan Faktor Neurotropik OtakOtak merupakan organ yang penting dalam kehidupan Anda. Salah satu yang berperan penting dalam menjaga fungsi otak tetap sehat adalah faktor neurotropik. Faktor neurotropik ini adalah sejenis hormon pertumbuhan. Sejumlah penyakit pada otak telah dikaitkan dengan penurunan faktor neurotropik ini.

Kurkumin dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik, hal ini menyebabkan peningkatan fungsi otak dan juga mencegah proses degeneratif terjadi pada otak. Neurotropik sangat berhubungan erat dengan fungsi otak yang lebih baik dan risiko penyakit otak yang lebih rendah.

Untuk mendapatkan temulawak dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan temulawak juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.