Harga Domba Texel Fullblood Terbaru dan Super di Karawang

Berapa harga domba Texel dari semua ras tahun ini? Domba ini mendapatkan namanya dari tempat kelahirannya yaitu Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Daging domba Texel terkenal unggul di seluruh dunia karena sangat ramping.
Genetika domba Texel sendiri berukuran sangat besar, berat, dan berotot, dengan bulu berwarna putih keabu-abuan. Penyebaran domba ini hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang mempunyai banyak peternak.
Sekilas wolnya mirip dengan Merino. Wol inilah yang membedakan Texel dengan Merino. Texel memang memiliki wol, tetapi hanya menutupi badan, tidak termasuk wajah dan kaki.
Berbeda dengan Merino, domba ini memiliki bulu yang panjang dan tebal di seluruh anggota tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki pun tumbuh, menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.
Berapa harga domba Texel saat ini? Sebelum membahas harganya, berikut informasi mengenai sejarah Texel menjadi daging domba potong yang cukup populer di Indonesia.

Harga Domba Texel dan Sejarah Populasinya di Indonesia

Domba Texel diekspor ke lebih dari 35 negara di seluruh dunia pada abad ke-18, termasuk benua seperti Eropa, Amerika, dan Oseania. Populasi domba Texel terus meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Hal ini dikarenakan Texel mempunyai daya tahan dan kemampuan adaptasi yang sangat baik.
Tak terkecuali di Indonesia, baru pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970-an, Texel masuk ke Indonesia dari Belanda. Awal pembangunannya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.
Domba Texel memiliki banyak potensi. Selain dagingnya yang rendah lemak, bulunya juga bisa digunakan untuk membuat tekstil. Meski begitu, produksi wol Texel tidak sebanding dengan domba Merino yang mampu memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara.
Afrika, Belanda dan Australia hingga saat ini menjadi pusat peternakan domba Texel. Texel Indonesia merupakan mayoritas dari grup ini. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, ras atau keturunannya.
Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Laki-laki yang sama, dari umur dan jenisnya, harganya sekitar 2 juta.
Namun jangan salah, Texel tetap menjadi investasi berharga. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa bisa menghabiskan biaya hingga 60 juta dolar.
Rekor domba Texel termahal dipegang oleh domba bernama Double Diamond. Dia adalah seorang fullblood Texel berukuran besar yang dijual pada lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga $490,000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!

Ciri-Ciri & Ciri-Ciri Domba Texel Di Indonesia

Di Indonesia, harga domba Texel (super persilangan) sangat terjangkau. Hal ini membuat jenis domba ini populer. Sedangkan untuk domba texel fullblood berpengaruh besar terhadap kualitasnya.
Untuk mengenal lebih jauh domba-domba ini, ada baiknya kita memahami apa saja ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel. Berikut beberapa ciri umumnya.
Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia
Domba texel mempunyai bentuk fisik yang khas. Domba texel memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan domba penghasil wol lainnya. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.
1. Badan berotot besar/besar
Tubuhnya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling mencolok. Texel juga menjadi salah satu domba yang paling diminati di seluruh dunia karena hal ini. Texel tidak hanya terkenal dengan dagingnya tetapi juga penghasil wolnya. Texel memiliki tubuh yang berotot sehingga dagingnya tidak terlalu menggemukkan.
2. Wajah domba Texel putih
Selanjutnya tampak depan domba texel mempunyai muka yang berwarna putih bersih. Domba ini memiliki wajah yang biasanya bebas bulu panjang. Bentuk kepala Texel lebih terlihat dengan rambut pendek.
3. Tidak Ada Rambut di Kepala dan Kaki
Wol tidak tumbuh di kaki Texel kecuali di kepala. Tampilan Texel lebih keren dibandingkan domba dan kambing lainnya. Kehadiran bulu hanya di bagian tubuh dan ekor saja yang justru membuat penampilannya semakin besar dan besar sekali.
Domba texel dewasa dapat memiliki berat sebanyak 160 kg. Bobot yang sangat berat ini adalah fakta bahwa Texel juga merupakan raksasa daging di antara domba. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.
4. Telinga Pendek ke Atas
Bentuk telinga menjadi ciri fisik selanjutnya. Telinga Texel sama saja, baik domba mahal maupun murah, yaitu pendek dan atas. Sepertinya telinganya menghadap ke depan
Posisi n hampir horizontal.
5. Domba Texel memiliki hidung dan kuku berwarna hitam
Jika Anda berkesempatan untuk melihat lebih jauh secara fisik, perhatikanlah hidung dan kuku domba Texel. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap.
Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia
Merpati tidak seganas kambing aduan, melainkan domba yang berwatak jinak. Sebaliknya, domba betina Texel mudah bergaul dan bersahabat dengan manusia. Texel jantan sedikit lebih agresif dibandingkan betina. Tekarakter xel lamb dijelaskan lebih detail di bawah.
1. Meski badannya besar, namun mudah untuk digerakkan
Tubuhnya besar, namun bulu-bulu di atasnya membuatnya semakin besar. Domba Texel dapat bergerak dengan mudah. Struktur genetik Texel sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan daging berkualitas tinggi di setiap bagian tubuhnya.
2. Mudah untuk diperbanyak atau diperbanyak
Para peternak bersukacita! Domba Texel tidak terdapat pada domba Texel, sehingga meningkatkan produktivitas peternakan. Bahkan, Anda bisa membeli domba betina bunting jenis ini dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com (GB Farm).
3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal
Domba texel tumbuh sangat cepat, sama seperti domba potong. Dimana persediaan pangan harus memenuhi kebutuhan pakan sehari-hari. Berdasarkan penelitian, pertambahan berat badan Texel fullblood dewasa per hari berkisar antara 300 gram hingga 600 gram.
4. Perawatan mudah, daya tahan tubuh tinggi dan adaptasi mudah
Selain itu, perawatan domba Texel sangatlah mudah. Sebab, di kampung halamannya, Pulau Texel, domba ini telah belajar beradaptasi dalam berbagai kondisi ekstrem. Mulai dari daya tahan tubuh yang kuat terhadap penyakit, kemampuan beradaptasi, dan keunggulan dalam pengobatan.
5. Dimungkinkan untuk menjadi ramah sekaligus menjadi hewan peliharaan
Jika Anda senang bermain dengan domba atau kambing, maka Texel akan menjadi pilihan yang tepat. Kambing Kerdil berukuran kecil dan lucu karena digunakan sebagai hiasan. Sedangkan Texel merupakan seekor kambing yang lucu dan menggemaskan dengan ukuran raksasa.
Hubungi kami untuk penawaran harga domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun campuran di Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi lainnya dapat ditemukan di website kami gibasbarokah.com atau di akun media sosial kami dengan nama yang sama.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting